Menu

October 31, 2017

Halloween Makeup-Spiration : Kayako Saeki (JUON) & Kuchisake-Onna

BOO!
Masih tentang Halloween. Masih tentang Darkness. Dan masih tentang Gore.

Coba tebaik kedua karakter pada foto diatas. Meskipun tidak menampilkan full-face, namun kurasa kalian pasti sudah merasa familiar dengan sosok-sosok diatas. Apalagi jika kalian penggemar film horror Jepang, tentunya sosok mereka tidaklah asing. Siapa lagi kalau bukan Kayako Saeki dan Kuchisake-Onna (Slith Mouth Woman)

Ok, mari kita berkenalan dengan mereka yang telah memberikan inspirasi untuk makeup Halloween dengan tekhnik SFX (Special Effect Makeup) 

KAYAKO SAEKI (JUON)
Seorang gadis muda yang tumbuh dalam keadaan tertekan dan kesendirian. Singkat cerita setelah tumbuh dewasa ia menikah dengan seorang pria bernama Taeko Saeki. Toshio, nama anak yang mereka besarkan bersama. 

Suatu hari, sang suami mendapati sebuah bukti mengenai pengkhianatan yang dilakukan oleh istrinya. Kayako, disayat oleh Taeko yang sudah sengaja menunggunya pulang sembari membawa pisau. Dalam keadaan tak berdaya, Kayako berlari keluar namun ia terjatuh hingga pergelangan kakinya patah. Dalam keterpurukan, ia berjalan terseok-seok, Taeko menyambar dan memutar kepala Kayako.

Ia masih hidup, namun ia tak sanggup berjalan lagi. Yang mampu ia lakukan hanyalah membuat suara serak dan retak. Dengan penuh kebencian, Taeko menyeretnya ke lantai atas kemudian memasukkannya kedalam kantong plastik besar dan meninggalkan istrinya sendirian hingga mati. Disana, di loteng rumah itu. Sebuah rumah yang terletak di Nerima - Tokyo, Jepang.

Kayako pun meninggal dalam kesakitan, dendam, kemarahan, dan penderitaan. Ia kembali dan membunuh suaminya hingga menghantui siapapun yang datang ke rumah itu. Memperlihatkan sosoknya merangkak menuruni tangga dengan berlumuran darah, tulang yang sudah remuk hingga menimbulkan suara serak dan retak.

Kisah ini diambil dari kisah nyata, Saeki's House di Nerima - Tokyo, Jepang. Yang kini dikenal dengan film horror Jepang terpopuler, JU-ON.

Hmm, Saeki's House lumayan dekat dari tempat tinggalku di Tokyo...
Tapi sayangnya aku belum pernah mampir melipir kesana :( 

KUCHISAKE-ONNA (SLITH MOUTH WOMAN)
Kuchisake-Onna (口裂け女) / Slith Mouth Woman 
.
Ada berbagai legenda yang mengisahkan mengenai asal-usul wanita ini. Legenda kuno menyebutkan bahwa ia adalah wanita muda yang hidup pada jaman Heian. Yang mana ia adalah istri dari seorang samurai yang sangat cantik namun ia ketahuan berselingkuh dibelakang suaminya. Sang suami yang merasa dikhianati kemudian marah dan merobek mulutnya dari telinga yang satu hingga ujung telinga lainnya. Dengan penuh amarah, sang suami berkata 'Sekarang siapa yang akan berkata bahwa kau cantik?!'
.
Berbeda kisah dengan legenda urban yang menceriterakan bahwa ia adalah korban operasi yang gagal, karena dokter yang mengoperasi wajahnya menggunakan pomade hingga sang wanita tak bisa tenang karena bau yang sangat menusuk. Dan tak sengaja dokter memotong mulutnya hingga robek. Terkejut dan marah, wanita itu membunuh dokter dan karena keberadaanya yang membahayakan, ia dibunuh oleh warga dan kembali dengan sosok wanita bermulut robek.

Ada lagi berbagai kisah yang berbeda mengenai asal-usul Kuchisake-Onna, namun yang pasti kemunculannya selalu sama. Dengan wujud wanita yang selalu menutupi mulutnya menggunakan masker operasi dan biasanya muncul di jalan-jalan sepi. Ia akan bertanya kepada orang yang ditemuinya, apakah dirinya cantik setelah ia membuka masker dan memperlihatkan mulutnya yang sobek. Jika orang menjawab tidak dan ketakutan, maka Kuchisake-Onna akan langsung membunuh orang itu. Dan jika menjawab cantik, maka ia akan mengikuti orang tersebut lalu kemudian membunuhnya.
Now, let's play with beauty but a little bit 'horror-ish'
Apakah sosok Kuchisake-Onna seperti foto diatas? 
Tidak ada yang tahu wajah aslinya sebelum mengalami insiden mulut robek. Namun yang pasti ia diceriterakan berwajah cantik. Dan pada foto diatas, aku hanya membuat suatu kreasi makeup yang memadukan antara Japanese traditional-kawaii look, dan Special Effect Makeup. Let's call it 'Kawaii-Gore' look <3
See you on my next post! Happy Halloween, boo!

No comments :

Post a Comment