Menu

March 02, 2020

4 WEEKS CHALLENGE - (AVOSKIN MIRACULOUS REFINING SERUM)

Paling Sebel kalau muncul jerawat. Sebenarnya bukan masalah jerawatnya sih, tapi lebih pada bekasnya yang bahkan tak akan hilang hingga beberapa bulan setelahnya. Apalagi aku terbiasa dengan jadwal hectic dan sleepless night yang mana hal ini berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit, yang mana seringkali menjadi langganan jerawat jika tetap dengan pola tidur yang tak teratur. Banyak membaca mengenai titik letak jerawat pada wajah, pada kasusku lebih banyak jerawat yang muncul pada sekitar pipi bagian bawah hingga di garis rahang dan dagu. Masuk akal, karena pengaruh waktu istirahat yang tak beraturan, memiliki jenis jerawat tersendiri yang memang biasanya muncul pada area wajah tersebut.

Menghilangkan bekas jerawat inilah yang cukup susah dan membutuhkan waktu. Sehingga jika hanya menggunakan face scrub atau obat jerawat saja kadang tak mempan untuk menghilangkan bekasnya. Aku lebih suka menggunakan serum karena formulanya yang lebih ringan dan juga cepat meresap di kulit, dan untuk manfaatnya juga lebih cepat jika dibandingkan dengan hanya menggunakan obat jerawat ataupun skincare jenis lainnya. Karena serum memiliki molekul yang lebih cepat diserap oleh kulit hingga lapisan terdalam dan mampu me-regenerasi sel-sel kulit, sehingga lebih cepat memudarkan bekas jerawat, flek hitam ataupun mencerahkan kulit.
Avoskin, salah satu brand lokal ternama dengan produk andalannya Miraculous Refining Series cukup menyita perhatianku sejak banyak sekali beauty-junkies yang menceritakan pengalamannya setelah menggunakan rangkaian Miraculous Refining Series yang mampu memudarkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Terdiri dari Toner dan juga Serum, kali ini aku ingin mengulas tentang Avoskin Miraculous Refining Serum. Let’s start the review!

PACKAGING
Dikemas dalam kemasan botol kaca dengan aplikator pipet berukuran 30ml. Botol kacanya cukup tebal dan kokoh, didominasi dengan warna dark-brown lengkap dengan logo Avoskin serta informasi tentang kandungan utama produk serta klaim produk yang dituliskan dengan font berwarna silver dan dicetak emboss. Simple tapi elegan.
Sementara untuk bagian tutupnya merupakan tutup putar berwarna hitam yang dilengkapi dengan pipet bening sebagai aplikator untuk mengeluarkan serum. To be honest, aku suka dengan aplikator pipet seperti ini karena selain lebih mudah untuk mengeluarkan isi produk juga lebih higienis, karena kita hanya perlu memencet bagian atas pipet untuk mengeluarkan isinya. Yang mana kita tidak perlu mengambil isi produk dengan menggunakan jari.

TEXTURE

Untuk texturenya liquid namun sedikit kental dan berwarna putih. Cepat meresap di kulit dan membuat kulit terasa lembab dan kenyal. Sesaat setelah pengaplikasian kulit akan terasa lengket, namun hanya untuk beberapa saat dan rasa lengket akan menghilang setelah serum meresap dengan sempurna di kulit.

BENEFIT
Ok, let’s start from the product’s claim : The combination of AHA-BHA-NIACINAMIDE, natural extracts work as effective exfoliator to make skin cleaner and more radiant.

Itu tadi adalah klaim dari Avoskin Miraculous Refining Serum yang mana ditekankan pada manfaatnya sebagai eksfoliator dengan bahan alami untuk mengembalikan  cerah alami kulit. Perpaduan antara AHA-BHA-NIACINAMIDE yang merupakan kandungan utama dari serum ini, dilengkapi dengan bahan-bahan lainnya yang membuatnya semakin efektif untuk me-regenerasi sel kulit mati dan membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang otomatis berdampak pada mulai memudarnya flek hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya, sehingga kulit terlihat lebih cerah alami.

Untuk kandungan utamanya sendiri berupa AHA (10%), BHA (3%), NIACINAMIDE (2%) dan CERAMIDE. Ekstrak bahan-bahan utama ini mampu meresap dan menembus hingga ke lapisan terdalam kulit karena memiliki molekul yang sangat kecil.

Untuk kalian yang mungkin bertanya-tanya, apakah Miraculous Refining Serum ini cocok digunakan untuk tipe kulit oily yang berjerawat? Jawabannya tentu saja bisa. Karena kandungan utama dalam serum ini sangat baik untuk mengembalikan kondisi kulit yang berjerawat dan juga menenangkan kulit yang sedang meradang ataupun breakout karena permasalahan jerawat.

AHA dan BHA merupakan golongan Hydrox Acids yang banyak dipakai dalam berbagai produk skincare, moisturizer, face wash, masker, scrub, peeling, dan lain sebagainya. Karena manfaat utamanya adalah sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lebih lembut. Keduanya merupakan komponen untuk melakukan eksfoliasi secara mendalam hingga di lapisan kulit terbawah.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) sendiri dipercaya memiliki khasiat utama sebagai eksfoliator terbaik yang bekerja pada permukaan kulit untuk mempercepat regenerasi kulit jika dibandingkan dengan hanya meng-eksfoliasi sel kulit mati dengan menggunakan scrub/peeling. Sementara itu kandungan BHA (Beta Hydroxy Acid) dapat menembus hingga ke dalam pori-pori dan lapisan kulit terdalam untuk mengangkat sel kulit mati. Keduanya ikenal baik untuk menenangkan kulit yang sedang meradang karena jerawat. Kandungan utama lainnya pada serum ini berupa NIACINAMIDE (salah satu bentuk vit. B3). Niacinamide sendiri memiliki manfaat untuk melembabkan kulit dan membuatnya terasa halus, juga baik untuk mencegah jerawat. Serta manfaat lainnya yang kurang lebih sama dengan manfaat dari AHA dan BHA, yaitu untuk memacu proses regenerasi kulit dan membantu memudarkan noda-noda hitam pada kulit.

Karena proses eksfoliasi kulit yang maksimal, maka perlahan noda-noda bekas jerawat ataupun flek hitam juga akan memudar dan secara otomatis warna kulit akan lebih cerah merata, dan juga membantu memudarkan garis-garis halus pada wajah karena memacu pertambahan kandungan kolagen yang sudah mulai berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Ketiga bahan utama ini juga baik untuk mempertahankan kelembaban alami kulit, meningkatkan produksi kolagen yang semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia. Perlu kita tahu bahwa kolagen adalah faktor terpenting yang menentukan elastisitas kulit dan membuat kulit tetap terlihat awet muda. Berkurangnya kadar kolagen pada kulit adalah penyebab utama munculnya garis-garis halus dan juga keriput pada kulit. Selain beberapa manfaat diatas, kandungan ke-tiga bahan ini juga baik untuk membantu mengecilkan pori-pori. Biasanya tipe kulit oily dan acne skin sangat rentan dengan masalah pori-pori yang besar, yang mana ini cukup mengganggu penampilan.

HOW TO USE
Ada beberapa orang yang merasakan efek tingling atau ‘cekit-cekit’ ketika menggunakan rangkaian Miraculous Refining Series berupa Toner maupun serumnya. Namun pada kasusku, aku sama sekali tidak merasakan adanya efek ‘cekit-cekit’ seperti yang dirasakan oleh sebagian orang. Mungkin karena kulit masing-masing orang berbeda, dan juga setelah banyak membaca tentang AHA, BHA, NIACINAMIDE, memang terkadang bisa menimbulkan reaksi yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Maka dari itu perlu dilakukan uji pemakaian produk pada sebagian kecil area kulit untuk mengetes bahwa kulit kalian cocok menggunakan berbagai kandungan ini, terutama untuk tipe kulit yang sensitif. Namun dari banyaknya informasi yang aku dengar dari beberapa orang, efek ‘cekit-cekit’ ini hanya berlangsung selama beberapa saat lalu kemudian menghilang. Ini dikarenakan kulit belum terbiasa dengan kandungannya. Sedikit saran, mungkin untuk yang belum terbiasa dengan skincare yang memiliki kandungan AHA-BHA-NIACINAMIDE, bisa menggunakan serum ini sedikit demi sedikit dengan jarak waktu, dan kemudian terus meningkatkan frekuensi pemakaian supaya kulit mulai terbiasa.

Disarankan untuk menggunakan serum ini pada malam hari sebelum tidur, karena proses regenerasi kulit akan bekerja lebih baik pada malam hari saat kita tidur. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum sesaat sebelum tidur agar serumnya bisa bekerja dengan lebih maksimal. Tapi jika kamu ingin menggunakannya pada pagi hari juga untuk hasil yang lebih cepat, it’s not a problem.

Tips penting! Jangan lupa untuk melakukan ‘double-cleansing’, yaitu membersihkan wajah dengan cleanser, lalu dilanjutkan dengan face wash. Ini dilakukan supaya kulit wajah dipastikan benar-benar bersih dari sisa makeup dan kotoran, yang mana semuanya ini akan menyumbat pori-pori. Apalagi jika dibawa tidur hingga keesokan harinya – Ini akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori, dan pada akhirnya akan menimbulkan jerawat dan beruntusan.

Aku sering menegaskan dalam berbagai tulisanku di blog, caption sosmed, pada waktu workshop, dan lain sebagainya – bahwa CLEANSING ADALAH BASIC SKINCARE. Kenapa? Karena kulit yang bersih akan membuat rangkaian skincare mampu bekerja maksimal pada kulit. Dan sebaliknya, jika kulit wajah tidak bersih dan masih ada sisa makeup dan kotoran, maka pengunaan skincare justru akan sia-sia dan malah bisa memicu berbagai masalah kulit. Bukannya kulit jadi sehat, tapi malah makin memperburuk kondisi kulit. Maka dari itu, pakailah skincare ketika kulit wajahmu sudah dalam keadaan yang bersih.

Ok, back to topic. Untuk penggunaan akan terasa lebih maksimal jika dibarengi dengan Avoskin Miraculous Refining Toner sebelum penggunaan serumnya. Ambil serum secukupnya dan usapkan secara merata pada seluruh permukaan wajah sambil memijat wajah dengan lembut supaya serum semakin cepat meresap dengan maksimal pada kulit wajah.

RESULT
Ok, it’s time to share about the result. Aku sudah menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum ini selama kurang-lebih 4 minggu. Disini aku akan sedikit mengulas tentang proses dari minggu pertama hingga ke-empat.

 ( Week 1 ) Pada minggu pertama, hasilnya masih belum terlalu kelihatan, bekas jerawat dan juga noda hitam juga belum nampak pudar, namun yang terasa adalah kulit jadi lebih lembab, kenyal, dan pori-pori sedikit lebih mengecil.

( Week 2 ) Di minggu ke-2, hasilnya sudah mulai terlihat walaupun sedikit. Bekas jerawatku yang banyak di area rahang sudah mulai memudar perlahan. Warna kulit juga terlihat lebih merata.

( Week 3 ) Minggu ke-3 tekstur kulit wajah terasa semakin lembab dan kenyal, dan untuk bekas jerawat sudah mulai terlihat pudar.

( Week 4 ) Di minggu ke-4 ini aku merasa kulit wajahku terlihat lebih halus dan lembab, untuk noda-noda bekas jerawat mulai tersamarkan namun belum maksimal karena bekas jerawatnya lumayan bandel, jadi harus rutin melanjutkan penggunaan untuk jangka waktu yang lebih lama jika ingin hasil yang maksimal. Tapi pori-pori jadi lebih mengecil dan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat-jerawat baru.

Itu tadi sedikit pengalamanku menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum selama kurang-lebih 4 minggu. Mungkin untuk hasilnya masih tidak terlalu signifikan langsung bisa menghilangkan semua noda dan bekas jerawat, yah namanya bekas jerawat membandel pasti membutuhkan waktu dan proses. Tidak ada skincare yang memberikan hasil yang instant. Skincare yang bagus membutuhkan proses untuk merawat dan mengembalikan kondisi kulit. 
Avoskin Miraculous Refining Serum ini dibanderol seharga Rp 219.000 untuk ukuran 30ml, yang mana  isinya cukup banyak jika digunakan secukupnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk-produk Avoskin lainnya, kunjungi WEBSITE dan juga INSTAGRAM Avoskin.

See you on my next post! Stay Pretty!

No comments :

Post a Comment