Menu

September 18, 2017

Fashionspiration - Street Wear

FASHION SPIRATION
[ S  T  R  E  E  T   W  E  A  R ]

‘STYLE IS A WAY TO SAY WHO YOU ARE WITHOUT HAVING TO SPEAK’.


As an Entertainer, Enterpreneur & Beauty/Fashion Blogger/Vlogger, STYLE IS A MUST. Style membuat kita memiliki ciri khas yang berbeda, unik dan tak sama dengan orang lain, style menjadi cara lain untuk menyampaikan jati diri kita tanpa perlu berbicara. Miuccia Prada said, ‘Fashion is instant language’.
Fashion is about something that comes from within us.

In order to be irreplaceable one, you must be different. Because character, Intelligence, strength without style isn’t complete.

I don’t follow trend, aku  hanya akan memakai apa yang menurutku pas dan nyaman untuk diri sendiri. Dan yang paling penting adalah style tersebut adalah ‘image’ yang mencerminkan diri masing-masing. Tak perlu terlalu berlebihan, branded, ataupun terbuka. Aspek terpenting dalam berpakaian adalah rasa percaya diri. Jika tak ada rasa percaya diri, outfit apapun akan terasa kurang pas dan itu pasti akan tercermin dari gesture si pemakai. Fashion looks better  when you feel good on the inside.

As a Japanese Beauty & Fashion lover, tentu saja aspek yang paling penting adalah ‘taste’. Bagaimana menyesuaikan style yang diusung dengan outfit yang dipakai, dan melengkapinya dengan makeup dan hairstyle yang sesuai. Kemampuan dalam Mix & Match adalah salah satu hal yang paling vital di Japanese Fashion Style.

For me, Beauty & Fashion is Art yang membutuhkan apa yang dinamakan ‘taste’ dan ‘passion’ didalamnya. Outfit yang dipakai tanpa jiwa yang mencinta juga tak akan bernyawa.

Bagiku, Outfit tanpa makeup dan hairstyle itu kosong. Outfit tanpa makeup dan juga hairstyle tak akan terasa lengkap. Karena fashion dan style adalah satu kesatuan antara gabungan ketiga aspek tersebut tanpa terpisahkan.

[I N T R O]
Japanese Beauty, kini trend kecantikan ala Jepang sudah semakin digandrungi. Tak hanya di beberapa negara saja, tapi sudah bisa dikatakan bahwa trend kecantikan Jepang telah membius dunia, tak terkecuali Indonesia.

Jepang sendiri telah menjadi trend center dunia dengan segala keunikannya, terutama dalam bidang pop-culture dan juga trend fashion mereka. Jika dilihat dari berbagai aspek, Jepang memang kaya dengan kreatifitas, sehingga dalam satu kategori saja ada berbagai macam sub-kategori yang berbeda-beda. Trend fashion Jepang contohnya, ada berbagai jenis istilah yang didalamnya juga terdapat sub-kategori yang berbeda-beda pula.

Trend fashion Jepang yang sangat dikenal oleh dunia antara lain : Lolita, dengan gaya andalannya yang kalem dan sangat identic sekali dengan warna pastel dan rok berenda-renda yang menjadi ciri khas-nya. Berikutnya ada Gyaru Style yang sempat booming beberapa waktu lalu, dengan make-up tebal yang diutamakan pada riasan mata, serta rambut berwarna pirang. Selain itu ada juga Visual-Kei, dengan make-up dan gaya berpenampilan yang lebih terkesan ‘dark’, dengan gaya rambut yang kaku tetapi tetap terlihat seperti Japanese Hairstyle.

Selanjutnya, jika berbicara mengenai sub-kategori, dalam satu kategori saja ada banyak sekali istilah yang juga memiliki makna yang sangat berbeda. Contohnya saja, Lolita Fashion Style. Lolita fashion style sendiri dibagi menjadi beberapa jenis : Gothic Lolita, Sweet Lolita, Classic Lolita, Punk Lolita, Shiro & Kuro Lolita, Ouji Lolita (Boy Style), Guro Lolita, Sailor Lolita, Wa & Qi Lolita. Dan masih banyak lagi jenis-jenis trend fashion Jepang yang terbagi menjadi banyak jenis.
But, how about Japanese Street Style? This is one of my favourite style.

Bergaya bebas dengan cakupan yang lebih luas adalah salah satu alasan kenapa aku sangat menyukai tema yang satu ini. Tomboy or feminine, dark or calm, classic or modern style, semua adalah bagian dari fashion yang dapat ditemui terutama di beberapa tempat di Jepang, khususnya di Harajuku – Takeshita Street, Shibuya and Shinjuku. 3 tempat yang paling dikenal dengan para pelaku fashion, para anak muda yang tak ragu meneriakkan jati diri mereka. Banyak style mulai dari Mori, Lolita, Fairy Kei, Gyaru, Casual, hingga Otona Kawaii.  I love them all.

Let me show you my street style. Let’s start from number one, Fairy Kei. 

[ I. F A I R Y  K E I ]
Style yang satu ini sangat identik dengan warna-warna pastel yang ceria dan kesan yang kawaii. Biasanya didominasi dengan warna pink, biru, mint hingga ungu yang soft. Tak terbatas pada pakaian saja, namun warna-warna pastel tersebut juga nampak pada nuansa makeup, warna rambut, hingga berbagai aksesoris yang dikenakan seperti jepit, gelang, choker, tas, hingga stocking dan sepatu. Style yang satu ini sekilas mirip dengan decora, namun berbeda. Jika decora lebih terlihat ‘rumit’ dengan banyak sekali aksesoris yang menghiasi rambut dan badan. Fairy Kei terlihat lebih ‘simple’.

Style fashion ini terinspirasi dari gaya pop ala 80-an yang memiliki ciri khas yaitu bergaya kawaii seperti anak-anak. Bagaikan lolipop warna-warni, sama sekali tak ada warna gelap yang terlihat di fashion yang satu ini. Yang ada hanya warna pastel yang kalem dan pola yang lembut seperti polkadot, line, atau pola-pola lucu lainnya.

Dasar dari Style Fairy Kei adalah berbagai kartun anak-anak yang lucu menggemaskan dan lagi-lagi berwarna pastel, seperti My Little Pony dan Strawberry Shortcake.  Dengan ciri khas yang paling menonjol adalah rok tutu yang mengembang dan legging yang berwarna-warni.
Let’s take a look! Catchy, right?
This is my Fairy Kei Style. Dengan perpaduan tanktop putih dan kemeja motif garis dengan warna biru dan putih yang ceria. Rok tutu yang mengembang ‘shocking-pink’. Pink pastel yang merekah menjadi warna ungu yang membuatnya terlihat semakin eye-catching.  Stocking motif sobek dengan warna ungu transparant yang senada dengan bagian bawah rok tutu.

Super big glasses dengan bentuk love hanya menjadi hiasan yang disematkan di bagian depan tanktop. Nuansa Fairy Kei yang terasa semakin kawaii diperlihatkan dengan warna rambut pastel yang didominasi oleh warna ungu dan knit-hat berwarna soft-pink dengan aksesoris berupa jepit rambut yang berbentuk pita dan bola mata ditengahnya. Masih bernuansa warna ungu.

And then let’s talk about makeup. Untuk style ini makeup yang aku aplikasikan juga disesuaikan dengan style yang diusung. Warna alis yang senada dengan warna rambut, eyeliner yang membingkai mata sehingga menjadikannya terlihat lebih besar, tampilan aegyo eyes dengan sentuhan warna putih dibagian sudut dalam bawah mata, pipi yang merona pink, dan juga bibir yang merekah dengan warna fuchsia.
I Really love Fairy Kei! Style ini membuat penampilan terlihat lebih fresh, childish, ceria, dan menunjukkan dunia yang berwarna-warni. Let's go to the candyland with me!
Bosan dengan gaya rambut yang hanya dibiarkan terurai?
Here i gave you my Fairy Kei hair-spiration :

[ II. C L A S S Y  C LA S S I C ]
Classic but Classy.

Classic is something that is good quality and timeless, it will always be in style.
Classy is something or someone that is high fashionable and stylish, elegant.

Got it?

Siapa bilang gaya klasik itu kuno dan ketinggalan jaman? Justru gaya klasik itu memiliki suatu tampilan yang anggun. Masih tidak percaya bahwa gaya klasik tak mampu terlihat elegan?

Then let’s take a look about my Classy Classic style.
Perpaduan warna black-brown-gray melebur menjadi satu gaya klasik yang cukup simpel namun tak lepas dari kesan elegan. Style yang satu ini terkesan oldies, dengan rambut blonde dan topi klasik hingga kacamata bulat yang semakin melengkapi look yang satu ini. Rok panjang dibawah lutut, stocking hitam polos, dan sepatu boots warna hitam berbahan bulu diatas mata kaki semakin melengkapi tampilan yang satu ini. Classic but Classy, right?
Untuk makeup, bulumata atas dan bawah menjadi andalan, namun terkesan lentik dan tidak terlalu ‘berat’. Dan semakin dipermanis dengan lipstick berwarna sedikit pink atau merah yang tidak terlalu mencolok.
 This is my favourite color, BLACK AND RED. 
Warna ini seakan sudah menjadi image diri. Karena seringkali aku memadukan kedua warna ini, baik untuk pakaian, aksesoris maupun warna rambut.
Tak terkecuali untuk style yang satu ini. Masih dengan sentuhan warna merah yang menyala dikombinasikan dengan warna hitam. Red coat dan floppy hat berwarna senada hingga kacamata bulat dipadukan dengan tanktop dan juga ripped jegging hitam. Still classic, classy namun masih terlihat sedikit ‘nakal’ dengan motif sobek pada jegging. Dan makeup yang terkesan ‘tegas’ hingga bibir yang merekah merah. Rambut yang berwarna senada, gradasi dari hitam ke merah juga 
Untuk makeup, aku mengaplikasikan Gyaru Makeup.
Adalah salah satu makeup style yang paling populer dan paling mendunia. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Gyaru style adalah makeup yang lebih diekankan pada mata. Jadi makeup mata adalah yang paling di titik-beratkan. Softlens dengan diameter besar dan dilengkapi dengan bulumata atas dan bawah, hingga menjadikan mata terlihat sangat tajam dan bulat. Ditambah sapuan blushon yang sedikit tebal, sehingga membuat Gyaru makeup terkesan eye-catching. Kali ini aku menyapukan lipstick berwarna merah terang untuk menambah kesan berani.
I have another Black-Red style. Check it out!
Masih dengan warna hitam dan merah, namun terkesan lebih muda dan kalem. Tanktop dipadukan dengan rok berwarna hitam diatas lutut dan stocking hitam polos. Warna rambut yang lebih kalem perpaduan antara blonde dan red fire, dengan makeup polos dan bibir yang terlihat glossy serta kacamata hitam yang cukup eye-catching. Style yang mana yang lebih kamu suka, beauty fellas? The first one, or this one?

And this is the last for Classy-Classic.
Simple but cute. Salah satu style favorit. Masih terkesan oldies but classy. Hanya kemeja dikombinasikan dengan rok hitam. Warna hitam adalah warna netral yang pasti akan cocok jika dipadukan dengan semua warna yang ada.

Topi menjadi pelengkap untuk outfit sederhana yang satu ini. And i chose cowboy hat sebagai pemanis. Tambahan coat berwarna senada juga disarankan untuk menambah kesan classy.

Tak harus kemeja, lengan panjang dengan model krah scoop dihiasi dengan pita akan lebih memberikan kesan yang lebih kawaii jika dibandingkan dengan kemeja seperti style sebelumnya. 
Yang mana yang lebih kamu sukai, beauty fellas?

[ III. O T O N A  K A W A I I ]
Otona (Dewasa), Kawaii (Lucu, imut). Otona Kawaii berarti penampilan yang dewasa tetapi masih terlihat imut. Ini adalah nama untuk sebuah trend makeup dan fashion style di Jepang yang menitik-beratkan pada penampilan seorang wanita yang dari style fashionnya Nampak dewasa, namun sama sekali tak menghilangkan kesan imut. Dengan berbagai aksesoris yang menunjang penampilan dan juga hairstyle dan makeup yang sesuai. Berikut adalah beberapa contoh makeup, hairstyle dan juga outfit dari  ‘Otona Kawaii’ fashion-spiration, Makeup Look & Hairstyle. 
Tampilan yang satu ini tak lepas dari kesan sweet, dress lengan panjang yang didominasi warna pink, dengan hiasan berupa cherry yang disematkan di knithat berwarna sama dengan bagian krah dress. Terlihat lebih dewasa namun tak meninggalkan kesan kawaii.
Bibir yang shiny dipadukan dengan cat eyes yang membingkai mata membuat tampilan makeup kali ini terlihat stunning. Here i gave you my shiny lips and cat eyes tutorial.
Another Otona Kawaii Fashion-spiration :
Untuk bergaya ala Otona Kawaii, tak hanya terbatas pada outfit berupa dress semata. Kamu bisa mengenakan bermacam jenis outfit, mulai dari apparel berupa tanktop, blazer, blouse, cardigan, cloak, coat, shirt, dan tak harus berupa rok, style Otona Kawaii juga banyak dipadu-padan kan dengan celana seperti jeans, bloomers, leggings, knickers, dan lain sebagainya. Tak lupa sepatu yang tak terbatas dalam hal model, seperti boots, jellies, sneakers, heels, dan masih banyak lainnya bisa juga menjadi pilihan asal bisa mencocokkan dengan outfit yang tengah dipakai. Lalu bagaimana dengan aksesoris? Topi bisa menjadi andalan untuk melengkapi tampilan Otona Kawaii Style-mu. Salah satu favoritku adalah knit-hat dan juga floppy hat yang menunjukkan kesan elegan dan feminim. 

Namun jika kamu tak ingin menggunakan topi, berbagai gaya rambut dibawah ini layak untuk dicoba. Check it out!
So, this is my kawaii styles. Which one is your favourite? Fairy Kei, Classy Classic, or Otona Kawaii? 

Whatever it is, the point is : Just be Yourself. Fashion is nothing without your trueself inside it. 

Stay Pretty, girls! 

No comments :

Post a Comment