Menu

January 10, 2019

Rekomendasi Setting Powder / Translucent Powder


Aku sering menyebutkan istilah ‘Makeup harus dikunci’ di setiap kali seminarku. Entah workshop : Beauty Makeup, Face Painting dan Character Makeup. Istilah ‘Mengunci Makeup’ ini ada beberapa poin di tiap tahapan yang berbeda. Misalhnya ‘mengunci makeup’ dengan menggunakan setting spray pada final dari serangkaian proses makeup, dan satu lagi ‘mengunci’ base makeup supaya tidak mudah bergeser. Lalu bagaimana cara mengunci base makeup? Caranya adalah dengan menggunakan bedak. Yap, bedak merupakan ‘pengunci’ foundation dan concealer yang telah kita aplikasikan pada wajah. Tanpa tambahan bedak diatasnya, foundation atau concealer yang telah diaplikasikan merata pada wajah akan terasa oily dan rentan untuk luntur. Karena itu dibutuhkan bedak yang mampu ‘mengunci’ foundation atau concealer supaya terlihat lebih matte dan tidak mudah bergeser. Paham?
Nah, bedak sendiri juga memiliki berbagai jenis, mulai dari press powder hingga loose powder. Kalau secara teori, makeup untuk special occation menggunakan keduanya. Setelah concealer dan foundation, baru dilanjutkan dengan bedak tabur telebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan bedak padat supaya lebih ter-set dengan sempurna.

Namun untuk daily-makeup lebih disarankan hanya mengunakan bedak tabur untuk mengunci faoundation yang telah diaplikasikan sebelumnya, karena formula bedak tabur lebih ringan dan teksturnya yang lebih mudah nge-blend pada kulit.
Nah untuk bedak tabur sendiri entah sudah sejak beberapa tahun terakhir ini sejak kemunculannya aku sudah beralih pada pemakaian translucent powder yang mana ia tidak memiliki warna, sehingga fungsinya hanya sebagai ‘setting powder’ setelah penggunaan concealer dan foundation.
Translucent powder sendiri kebanyakan hadir dengan warna putih tembok, namun ada juga yang memiliki warna. Namun jangan khawatir karena meskipun ada yang secara tampilan tampak berwarna putih tembok, namun ia tidak akan membuat wajahmu terlihat pucat bagai mayat. Hanya perlu dibaurkan secara merata pada kulit dan warnanya akan menyatu dengan warna kulitmu. Yang perlu diingat adalah harus di-blend secara merata pada kulit dan jangan hanya berat di satu sisi saja untuk hasil-akhir yang natural.
Sama seperti bedak pada umumnya, translucent powder sendiri hadir dalam 2 jenis, yaitu press powder dan juga loose powder. Berikut aku akan memberikan rekomendasi tentang translucent powder yang selama ini aku pakai :

WET N WILD MATTIFYING POWDER
Translucent powder paling favorit sepanjang masa! Selain harganya yang terjangkau (sekitar Rp 40.000), juga tidak mudah habis. Untuk satu produknya aku bisa memakai selama 3 – 5 bulan. Cukup di tap-tap tipis pada press powder kemudian aplikasikan pada wajah, sangat hemat dan tidak boros untuk pemakaiannya.  Formulanya sangat ringan dan aku memakainya untuk meng-set foundation supaya hasilnya lebih matte dan foundation tidak mudah bergeser. Membuat foundation lebih awet dan tahan lama. Wajah terasa lebih halus dan tidak oily setelah pengaplikasian.
Dikemas dalam kemasan berwarna hitam dan bagian atas transparant yang mempermudah kita untuk melihat isi produk didalamnya. Namun satu hal yang kurang aku sukai adalah kemasannya yang cukup ringkih, sehingga jangan sampai terjatuh karena isi produk akan retak dan pecah menjadi beberapa bagian (aku mengalami hal ini beberapa bulan lalu dan pada akhirnya kusiasati menjadi loose powder). Dan satu hal lagi, yaitu agak sulit untuk menemukan produk ini, karena produk drugstore yang satu ini kebanyakan dijual di onlineshop.

L.A.GIRL PRO.POWDER HD SETTING POWDER
Finishing Powder ini tersedia dalam 2 pilihan, yaitu Powder Banana Yellow dan satu lagi yang merupakan rekomendasi dariku : HD Pro Setting Powder Translucent dalam bentuk bedak tabur dengan butiran yang sangat halus dan sedikit memberikan efek glowing karena mengandung butiran seperti shimmer yang membuat wajah terlihat lebih glowing. Tekstur bedak taburnya sangat lembut dan hampir tidak terlihat butirannya. Memberikan kesan wajah yang sangat lembut dan tidak memberikan warna, sehingga cocok digunakan sebagai setting powder. Dipasarkan sekitar Rp 80.000 – Rp 90.000 (tergantung kebijakan masing-masing penjual).

Nah, sekian ulasan mengenai rekomendasi translucent powder favoritku! Mungkin setelah membaca tulisanku ini, kalian ingin mencoba dan beralih ke translucent powder?

See you on my next post! Stay pretty!

1 comment :