Menu

November 07, 2013

Acne? NO MORE! :D

kebanyakan dari kita pasti sebel banget ketika menemukan jerawat-jerawat yang bersarang di wajah kita...
jerawat sih kecil, tapi tempat tumbuhnya itu loh yang buat khawatir... DX
kalau ada jerawat yang bersarang di muka kita pasti sebagian membuat kita merasa tidak pede dan malu...
yah itu juga yang saya alami DX

nah berikut ada tips-tips untuk menanggulangi si kecil jerawat, so, check this out, guys! :)

1. Tidur teratur
Kenapa sih saya selalu tekankan tidur teratur entah untuk tips diet, tips kecantikan maupun tips untuk menanggulangi jerawat?.... yah karena tidur teratur adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam urusan kesehatan.

Banyak dari kita suka tidur malam, atau lebih tepatnya begadang, entah untuk mengerjakan sesuatu, atau keasyikan browsing di Internet.  Tapi sebenarnya hal ini justru akan membuat penampilan fisik dan kesehatan tubuh kita semakin buruk dan juga efek lainnya, kulit kita akan terlihat kusam, tidak segar, diri kita terlihat lemas, serta lesu.

Tidur 8 jam sehari itu sudah cukup dan akan membuat pembuluh darah menjadi rileks dan akan melancarkan aliran darah, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan tidak terlihat kusam. Kurang tidur akan membuat pembuluh darah menjadi mengkerut, sehingga darah yang ia pompa ke seluruh bagian tubuh menjadi berkurang. Ini dapat mengurangi kelembapan alami kulit dan membuat kulit terlihat lebih kusam dan tidak sehat. Dan lagi, kurang tidur ternyata juga memicu timbulnya jerawat loh!... Jadi kalau mau jerawat menyingkir dari kulit wajahmu, biasakan untuk tidur teratur setiap harinya. :D

2. Kurangi makan makanan berminyak
Kurangi konsumsi makan-makanan berminyak. karena makanan berminyak adalah pendukung terbesar si kecil jerawat. DX
Sebisa mungkin kurangi makan-makanan yang bersifat gorengan, karena makanan-makanan tersebut adalah faktor terbesar timbulnya jerawat pada kulit wajah kita

3. Jaga kebersihan tempat tidur 
Mungkin hal ini kelihatannya sepele, namun siapa sangka ternyata kebersihan tempat tidur juga menjadi faktor yang penting bagi kesehatan kulit kita.
Ketika kita tidur, wajah akan bersandar di bantal ataupun guling. otomatis, kulit wajah akan bersentuhan langsung dengan bantal ataupun guling tersebut dalam waktu yang cukup lama.
Lalu apa jadinya bila bantal dan guling serta sprei itu dalam keadaan yang kotor dan berdebu. tentunya hal ini akan sangat memicu munculnya jerawat-jerawat baru. bagaimana tidak? bayangkan saja bagaimana jadinya bila kulit wajah kita bersentuhan dengan debu-debu dalam waktu yang lama dan berturut-turut.
Gantilah Sprei, sarung bantal dan guling maksimal satu minggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

4. Pakai pelembab ketika akan beraktifitas dibawah sinar matahari
Pakailah pelembab wajah ketika kita akan beraktifitas terutama aktifitas yang dilakukan dibawah sinar matahari. Pilihlah pelembab yang bisa melindungi wajah dari sinar Ultraviolet yang memacu timbulnya bintik-bintik atau noda hitam di kulit wajah kita.

5. Gunakan cream wajah
rajin-rajinlah menggunakan cream wajah terutama pada malam hari (karena pada malam hari adalah proses maksimal kulit kita beregenerasi), entah itu cream dari dokter maupun cream yang banyak dijual di pasaran. tapi inget nih, kalau mau pake cream yang banyak dijual bebas di pasaran kita harus nge-test dulu apakah produk tersebut cocok atau tidak dengan kondisi kulit wajah kita. kalau sampai produk tersebut tidak cocok dengan jenis kulit wajah kita, bisa-bisa bukannya mendapatkan hasil yang positiv, tapi malah muncul alergi. DX

6. Pakai masker secara rutin
Pakailah masker secara rutin, setidaknya 2 kali dalam seminggu. jangan terlalu sering memakai masker, misalkan memakai masker sehari 2 kali. karena itu tidak akan berdampak positif pada kulit wajah kita, tapi justru akan membuat wajah kita kering.
apa gunanya masker? masker berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah kita :)

kita bisa memakai masker yang dijual di pasaran. (tetapi ingat ya, lakukan test kepekaan kulit terlebih dahulu. karena kalau kulit wajah kita tidak cocok dengan produk tersebut, dampaknya akan buruk pada wajah kita). selain itu kita juga bisa memakai bahan-bahan alami dari alam yang bisa kita gunakan sebagai masker wajah (Aiyuki Recommended!) saya lebih suka memakai masker dengan bahan-bahan alami yang berasal dari alam :)

Lalu, apa saja bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk masker wajah? tentunya ada banyak sekali, namun di post kali ini, saya akan menjelaskan tentang satu bahan alami yang tentunya mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti :

Madu.
Madu bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah dan mengencangkan pori-pori.
Hangatkan satu sendok makan madu dalam microwave, kemudian oleskan dan pijatlah dengan lembut ke seluruh bagian wajah, biarkan 15-30 menit, lalu bilas sampai bersih.

7. Konsumsi sayur dan buah
Makan sayur dan buah setiap hari membuat tubuh terasa lebih bugar dan terlihat segar dan penuh energy. begitupun juga dengan kulit kita. Sayur dan buah menjadikan kulit kita terlihat lebih sehat. 
Kandungan-kandungan vitamin dalam sayur dan buah membuat tubuh lebih sehat dan juga menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari penyakit-penyakit.

Sayur dan buah selain bisa dikonsumsi secara langsung, juga bisa dijadikan masker untuk kulit wajah loh...
mereka mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kecantikan. :)

8. Rajin membersihkan wajah
Rajin-rajinlah membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Bersihkan wajah setelah bepergian. Apalagi setelah memakai make-up dalam waktu yang lama. bersihkan wajah dengan sabun pembersih muka dan bilas dengan air hangat. Kelemahan make-up adalah ia menutup pori-pori wajah, sehingga wajah menjadi susah untuk bernafas. tersumbat dan pada akhirnya menimbulkan jerawat. Maka dari itu, setiap kali pulang bepergian, segera bersihkan make-up dan bersihkan wajah dengan sabun pembersih dan bilas dengan air hangat, agar kulit wajah kita bisa bernafas kembali :)

9. Minum air putih minimal 8 gelas sehari
Air putih sangat besar manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari             bisa membuat tubuh terlihat lebih bugar, Air putih membuat kulit terlihat lebih segar dan tidak kusam, sehinga kulit terlihat bugar setiap harinya dan kulit-pun selalu tampak awet muda dan bye-bye kulit kusam!


Itulah tadi sekilas tips-tips cara menanggulangi jerawat dari Aiyuki :)
Semoga bermanfaat. See you in my next post! :D




BYE-BYE ACNE! :D

No comments :

Post a Comment