Menu

December 06, 2019

TIPS : HOW TO DEEP CLEANSE YOUR FACE


Setiap kali ditanya, bagaimana cara saya mendapatkan kulit wajah yang flawless? Jawabannya Cuma satu : Bersihkan wajah secara maksimal! Sangat penting membersihkan wajah, apalagi setelah penggunaan makeup – harus benar-benar dilakukan ‘Deep-Cleansing’ supaya makeup dan kotoran terangkat sempurna dari kulit wajah dan tidak ada yang tersisa. Karena sisa makeup ataupun kotoran yang masih menempel pada kulit wajah dan akan menjadi sumber masalah seperti : jerawat, flek hitam, beruntusan, dan berbagai masalah kulit lainnya yang pasti akan mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Selain itu, membersihkan wajah adalah basic skin-care, yang mana sebelum memulai skincare, sangat penting untuk memastikan bahwa kulit wajah sudah dalam kondisi bersih dan tidak ada sisa makeup maupun kotoran yang tersisa. Jika kulit wajah tidak dalam kondisi bersih ketika mengaplikasikan skincare, maka skincare pun akan sia-sia, karena skincare tidak akan bekerja secara maksimal. Maka dari itu pastikan sudah melakukan deep-cleansing dengan menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulitmu, dan kemudian lanjutkan dengan membasuhnya memakai face-wash yang formulanya lembut supaya kulit wajah bersih maksimal.
Aku pernah membahas secara detail  tentang beberapa produk Bioderma yang aku rekomendasikan pada bulan Februari lalu, dan salah satunya adalah Micellar Water favoritku dari Bioderma : Sensibio H2O Micellar yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Nah, pada postingan kali ini mungkin aku tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang Bioderma Sensibio H2O ini, karena review super detailnya sudah pernah aku tulis 2x. Secinta itu sama Bioderma Sensibio H2O, karena dari segi packagingnya unik dan praktis, serta formulanya yang aman untuk kulit sensitifku.
Baca full review Bioderma Sensibio H20  DISINI dan DISINI (review detail dari segi kemasan, performa produk dan why i love this product so much)
Kenapa sih aku sering menuliskan di blog-ku ataupun berbagai sosial media ketika sudah berbicara mengenai cleansing,  aku selalu bilang bahwa aku sudah beralih ke Micellar Water. Sebenarnya bukan 100% beralih dan meninggalkan cleanser dengan tekstur lainnya. Aku tetap memakai berbagai jenis cleanser dengan tekstur yang berbeda-beda : ada yang gel, cream, balm, oil, dan lain sebagainya. Namun tetap saja kalau harus jujur aku lebih prefer Micellar Water karena formulanya yang lebih ringan dan sangat praktis, tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit, dan teksturnya yang seperti air.

Nah, salah satu produk Micellar Water yang aku pakai dan sudah habis 3 botol 500ml ini adalah Bioderma Sensibio H2O yang mana merupakan Micellar Water Dermatologis yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Kandungan elemen micelle-nya mirip dengan fosfolipid membran sel kulit, dan secara alami akan menumbukan kembali laposan hidrolipid kulit. Tentunya tidak ada efek samping dan bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam produk ini.
 (Mampu mengangkat makeup secara maksimal)

Nah, karena dari segi kemasan dan juga performa sudah pernah aku ulas secara detail, maka kali ini aku akan lebih ke sharing tips, bagaimana sih caraku membersihkan wajah. Let’s Start!

Gunakan kapas yang memang dikhususkan untuk wajah, face-cotton. Jangan gunakan kapas jenis lainnya. Karena serat dari masing-masing kapas berbeda. Aku pernah menggunakan kapas jenis lainnya karena kebetulan kapas wajah milikku sudah habis dan aku lupa membeli stock kapas wajah. Dan memang, untuk serat-serat kapasnya berbeda dan tidak se-nyaman face-cotton yang memang dibuat untuk wajah. Dan yang paling penting : JANGAN PERNAH GUNAKAN TISSUE BASAH untuk menghapus makeup ataupun membersihkan wajah. Ada beberapa tissue basah yang mengandung alkohol, yang mana kandungan alkohol dapat merusak kulit. Aku seringkali menghindari kandungan alkohol untuk produk wajah dan kulit.
Cara membasahi kapas bukanlah dengan membuat seluruh bagian kapas benar-benar basah, tapi cukup basahi kapas di bagian tengah saja hingga micellar water menembus ke bagian belakang kapas.

Cara membersihkan wajah juga tidak boleh digosok-gosok dengan kasar, tapi harus lembut dan perlahan. TIPS : Diamkan kapas yang sudah dibasahi dengan micellar water selama kurang lebih 5 detik, baru usap lembut dengan arah keatas. (khusus di area dagu-pipi dan sekitarnya). Kenapa harus arah keatas? Karena jika dalam proses cleansing kamu mengusap dengan arah kebawah, maka lambat laun kulit wajah akan menurun (terutama area pipi). Paham yang aku maksudkan? Nah makanya pengetahuan dini seperti ini sangat penting untuk investasi jangka panjang.

Berbeda dengan area bibir dan mata yang prosesnya masih sama, diamkan selama kurang-lebih 5 detik, lalu usap dengan gerakan memutar dan sedikit menekan. INGAT : berikan sedikit saja tekanan, jangan terlalu menekan area bibir dan mata pada saat proses cleansing.

Bersihkan wajah hingga tidak ada lagi sisa makeup ataupun kotoran yang menempel pada kulit, dan kemudian lanjutkan dengan membilasnya menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan kondisi kulitmu.
Nah itu tadi sedikit tips tentang cara membersihkan wajah dengan benar. Percayalah, kalau dalam step awal dari skincare-routine kita sudah melakukannya dengan benar, maka produk-produk skincare akan bekerja secara maksimal dan memberikan hasil yang optimal.

Berkali-kali aku menyebutkan bahwa Skincare merupakan investasi jangka panjang. Mungkin hasilnya belum terlalu kelihatan dalam waktu singkat, namun akan nampak dalam beberapa tahun kedepan. Terlihat orang yang rutin menggunakan skincare maka kondisi kulit wajahnya akan terlihat lebih sehat dan terawat serta nampak awet muda.

Sekian dulu tips ‘deep cleansing’ dariku, see you guys on my next post! Stay pretty!

No comments :

Post a Comment