Menu

November 12, 2017

Event Report : Gathering & Company Visit - Viva Cosmetics

Hello Vivers! Kali ini aku ingin menceriterakan mengenai keseruan malam minggu kemarin. Ada apa sih? Sesuai judul postingan ini, yaitu Gathering and Company Visit Viva Cosmetics.
Bertempat di PT. Vitapharm Hall, jalan Panjangjiwo no.42 Surabaya yang mana merupakan pabrik dari Viva Cosmetics sendiri. 
(Selfie dulu yaa, itu sambil dilirik kakak-kakak Viva >_<)
Aku mendapatkan invitation untuk menghadiri Gathering and Company Visit Viva Cosmetics bersama dengan Surabaya Beauty Blogger. Yang diadakan pada hari Sabtu, 11 November 2017 kemarin, bertempat di jalan Panjang Jiwo no.42 Surabaya. 

Event ini telah diatur sedemikian rupa oleh tim Viva Cosmetics, sehingga keseluruhan acara bisa berjalan dengan lancar and yeah, we have so much fun yesterday! Thankyou Viva! #kiss :*

Siapa sih yang tidak tahu Viva Cosmetics? Kurasa baik makeup junkie or not, bahkan cowok sekalipun tahu jika mendengar kata 'Viva Cosmetics'. Ya, brand kosmetik lokal yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, tepatnya 55 tahun lalu. Namun tak pernah lekang termakan usia, justru Viva semakin berjaya dengan selalu melakukan inovasi, sehingga produk-produknya semakin bertambah banyak dan bervariasi, melengkapi kebutuhan wanita akan makeup yang sesuai untuk daerah tropis.

Karena konsistensi Viva Cosmetics ini, tak heran bila Viva Cosmetics selalu mendapatkan penghargaan dari berbagai ajang bergengsi, diantaranya adalah Top Brand Awards, Woman Health Beauty Choice 2016, Satria Brand Award, Museum Rekor Dunia Indonesia, Indonesia Living Legend Brand, Penghargaan BPOM, dan lain sebagainya. Give an applause for Viva Cosmetics, suatu brand kosmetik lokal yang mampu mengantongi sederet penghargaan bergengsi.
Ok, let's talk about the event. Acara berlangsung selama sekitar 7 jam dikarenakan rundown yang begitu padat. Namun jujur saja, aku begitu menikmati Gathering yang diadakan oleh Viva Cosmetics kemarin. Mulai dari tempat, suasana, sesi-sesi dan materi yang dibawakan yang sangat meng-edukasi. Berikut adalah Hall PT. Vitapharm 
Berbagai produk andalan Viva Cosmetics, diantaranya : Air Mawar (yang digunakan untuk menjadi campuran masker bubuk), Toner, Skin Food, dan beberapa produk baru Viva. 
Selain Viva Cosmetics, di etalase yang menjual produk-produk Viva juga terdapat produk-produk Red-A. For your information, Red-A merupakan brand-sister dari Viva Cosmetics lho, namun untuk pasarnya lebih ditujukan untuk remaja.
Acara dibuka oleh Olivia Setia selaku MC dari Gathering Viva Cosmetics, dan dilanjutkan dengan kata sambutan hingga pengenalan mengenai Viva Cosmetics oleh kepala divisi (direktu marketing), Deni Wibisono. Disini dijelaskan dan diceriterakan kembali sekilas mengenai asal-mula berdirinya Viva Cosmetics pada tahun 1962, sejarah, jejak karya, hingga bisa meraih kesuksesan hingga seperti sekarang ini. 
 Tak heran jika Viva Cosmetics dianugerahi penghargaan oleh Indonesia Living Legend Brands 2017. Eksistensinya tak lekang tergerus oleh jaman dan tak tergantikan oleh brand-brang baru baik brand lokal maupun international. Viva Cosmetics selalu melakukan inovasi dan menciptakan produk-produk baru yang selalu laris di pasaran.
Sesi selanjutnya dilanjutkan oleh ibu Ana, yang menjabat sebagai kepala unit promosi. Disini beliau menjelaskan mengenai berbagai produk dari PT. Vitapharm, diantaranya adalah Viva Cosmetics, Red-A, dan lain sebagainya.
Setelah sesi Get Closer with Viva Cosmetics, dilanjutkan dengan company visit. Ya, aku mendapatkan kesempatan untuk berkunjung langsung ke Pabrik Viva Cosmetics dan melihat sendiri proses pembuatan berbagai jenis produk mulai dari pengolahan hingga pengemasan. Tapi sayangnya tidak diperbolehkan membawa kamera dan mengambil gambar.
Let me tell you, then! 
Untuk pengolahan produk sendiri, dibagi menjadi 2, yaitu cairan kental (Milk Cleanser yang berupa cairan kental) dan cairan cair (oil, cleanser, dan lain sebagainya). 
Untuk produk-produknya, tidak akan mungkin terjadi yang namanya kesalahan penimbangan, karena timbangannya merupakan timbangan lantai manual, bukan mesin. Dan langsung di-cek oleh tenaga kerja manusia sendiri, sehingga meminimalisir adanya kesalahan. Dengan alat yang dinamakan Minoga, sekali olah bisa memuat 250kg. Disini, divisi praolah yang bertugas. Bahan-bahan dasar diolah terlebih dahulu lalu semua bahan dicampur menjadi satu.

Perhatianku tertuju kepada seseorang yang duduk di sudut ruangan dekat kaca lorong dan mematahkan lipstick. Bagi seorang lip-junkie sepertiku, lipstick bagaikan permata, dan cukup sedih ketika melihat lipstick dipatahkan :(
Namun itu adalah tugas seseorang yang bekerja dibagian Quality Control, atau yang biasa disingkat dengan QC. Bagi seorang yang bekerja untuk mengecek kualitas lipstick, jobdesknya adalah memastikan bahwa lipstick tersebut layak untuk dipasarkan hingga ke tangan konsumen. Lalu bagaimana cara mengecek kualitasnya? Ya itu tadi, 'mencoba' dipatahkan :( 
Jadi, lipstick akan diuji kekerasannya, dipastikan tidak boleh terlalu lembek ataupun terlalu keras. Dan jika tidak memenuhi persyaratan, maka lipstick tersebut akan dipatahkan, dan dihancurkan tanpa didaur ulang, sekalian kemasannya juga dihancurkan agar tidak bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. Suatu dedikasi yang patut diakui, karena dengan harga yang ramah di kantong, Viva Cosmetics sangat memerhatikan kualitas dan kepuasan konsumennya.

Aku sempat bertanya mengenai proses pembuatan lipstick, disana aku dijelaskan bahwa awalnya akan dibuat fase warna yang diinginkan, baru dilanjutkan dengan pengolahan bahan, pembuatan, hingga pencetakan dan pengemasan. Tak lupa dicampurkan 'Vlambir', yaitu untuk memberikan efek mengkilap pada lipstick (kecuali lipstick mate). Setelah jadi, lipstick diletakkan di ruangan yang ber-AC, ini dikarenakan sifat lipstick yang mudah sekali meleleh. Namun jika sudah jadi sempurna, lipstick baru bisa diletakkan pada suhu ruangan.

Ternyata proses suatu produk mulai dari pengolahan hingga pengemasan itu membutuhkan proses yang sangat panjang. Karena akan ada kata 'lolos' dan 'tidak lolos', sudah semacam ujian. Produk yang lolos akan diberi label 'diterima' dan disimpan di rak yang ditandai dengan angka dan kode produk untuk mempermudah pengelompokan. 

Seseorang yang bekerja di bagian Quality Control (QC) memiliki tugas untuk memeriksa dan menguji bahan baku, bahan pengemas (botol, container, dll), dan mengecek label tulisan apakah sudah benar dan tidak ada kesalahan. 

Aku berkesempatan mengunjungi Ruang Mikrobiologi yang terdiri dari 2 ruangan lagi, yaitu ruang preparasi dan ruang steril. Di ruang steril inilah, dilakukan sterilisasi alat medis. Jumlah orang yang berada dalam ruang steril ini terbatas, dan ketika masuk ke ruangan harus mengganti baju dengan jas khusus ruangan. Lantainya juga harus lantai Epoxy (lantai yang tidak ada celah/sekat), sehingga meminimalisir debu dan memudahkan untuk pembersihan. 

Pada akhir kunjungan di pabrik Viva Cosmetics, adalah di ruang yang dipenuhi dengan rak yang semuanya merupakan produk-produk keluaran PT. Vitapharm. Baik itu Viva Cosmetics, Red-A, dan lain sebagainya. 

Perhatianku tertuju pada  beberapa produk Viva Cosmetics yang tidak pernah aku temukan di toko sebelumnya. Produk-produk berupa Shampoo, Hair Conditioner Lidah aBuaya, dan lain sebagainya. Aku bertanya kepada guide, kenapa aku tidak pernah menemukan produk-produk tersebut di pasaran? Ternyata beberapa produk memang susah ditemukan di pasaran dan bisa langsung didapatkan di website online shop Viv Cosmetics dan VBC (Viva Beauty Center)/salon Viva yang juga memiliki cabang di Surabaya. 
It's Snack Time! Ok, mungkin kalian sudah lelah membaca tulisanku mengenai behind the scene dibalik produk-produk Viva Cosmetics. Now let me entertain you with this little sweetie <3

Yuhuu, rasanya ada yang kurang bila tak mengambil gambar dari cake-cake lucu ini. Berhiaskan balon teks yang ditusukkan tusuk gigi, dan dekorasi sweet corner yang apik membuatnya terlihat benar-benar sweet. Oh, Thankyou Viva! Sorry beauty fellas, nge-spam foto makanan dikit :P
This one! Remind me of Crabby patty <3 
Crabby Patty! <3

Ok, setelah kenyang, wefie dulu! Lagi-lagi penuh tawa dengan cewe-cewe super ketjeh ini :*
Setelah jam makan siang, kemudian sesi dilanjutkan dengan Beauty Class oleh Viva Cosmetics beautician, Ms. Yustin. Palet lengkap berisi compact powder, lipstick, dan berbagai warna eyeshadow sudah disiapkan oleh tim Viva Cosmetics. Cek VLOG di akhir postingan ini ya untuk mengetahui keseruan beauty class with Viva Cosmetics! 

 Sesi terakhir dibawakan oleh Moch. Rizky, atau yang biasa disapa dengan kak 'Moh'. Beliau adalah seorang fotografer profesional. Disana beliau membawakan tema : Beauty Blogger 101 - 'How to be a Good Beauty Blogger' dan menajarkan tips-tips fotografi tentunya. Apa saja materi yang diajarkan oleh kak Moh? Cek VLOG di akhir postingan ini ya!
Terakhir, acara ditutup dengan memberikan hadiah kepada 3 makeup terbaik pada sesi Beauty Class. Yuhuu, aku mendapatkan satu makeup kit dari Viva Cosmetics sebagai hadiah dari makeup terbaik :D
Sebelum pulang, ada sesi foto bersama dengan segenap pengurus dari Viva Cosmetics dan juga para peserta Gathering and Company Visit. Thankyou beauty fellas! We have so much fun yesterday. Thankyou so much Viva Cosmetics :) 

[ V L O G ]
GATHERING & COMPANY VISIT VIVA COSMETICS 
See you again pretty! XoXo

1 comment :

  1. Hay Kak, aq boleh ijin pakai foto kakak buat instagram aq ngga? Kebetulan aq sebagai dropshiper dari Viva Cosmetics. Kakak cantik banget saat acaranya gatheringnya viva. Terimakasih Kak.

    ReplyDelete