Menu

February 01, 2018

Gyaru Look (Makeup, Hairstyle & Fashion)

Harajuku dikenal sebagai pusat fashion di Jepang, bahkan di dunia.
Keunikan Harajuku memang sudah tak diragukan lagi. Berbagai jenis fashion Jepang seakan tumpah menjadi satu di Harajuku. Terutama di Takeshita-Dori dan Harajuku street.
Bagaimana tidak, bila hampir semua jenis fashion dapat kita temui disana, mulai dari Lolita, Gothic, Casual, Fairy-kei, dan lain sebagainya. Anak-anak muda Jepang mengekspresikan gaya fashion favorit mereka dan membawanya ke Harajuku untuk bergaya serta menunjukkan style fashion mereka yang unik.

Tak hanya pakaian, bahkan makeup hingga gaya rambut mereka pun juga menjadi trend center dunia, yang mana kini banyak sekali orang yang menggandrungi gaya fashion, makeup dan hairstyle ala Jepang yang umumnya disebut Harajuku style. Padahal sebenarnya didalam apa yang mereka sebut Harajuku Style itu ada banyak sekali sub-kategorinya lho. Harajuku style adalah sebutan yang umum bagi para awam. Dan sebenarnya Harajuku adalah tempat bagi anak-anak muda yang stylish dan ingin menunjukkan style fashion dan makeup mereka. Bisa dibilang bahwa Harajuku adalah pusat Fashion di Jepang.

Japanese Beauty, kini trend kecantikan ala Jepang sudah semakin digandrungi. Tak hanya di beberapa negara saja, tapi sudah bisa dikatakan bahwa trend kecantikan Jepang telah membius dunia, tak terkecuali Indonesia. Jepang sendiri telah menjadi trend center dunia dengan segala keunikannya, terutama dalam bidang pop-culture dan juga trend fashion mereka. Jika dilihat dari berbagai aspek, Jepang memang kaya dengan kreatifitas, sehingga dalam satu kategori saja ada berbagai macam sub-kategori yang berbeda-beda. Trend fashion Jepang contohnya, ada berbagai jenis istilah yang didalamnya juga terdapat sub-kategori yang berbeda-beda pula.

Trend fashion Jepang yang sangat dikenal oleh dunia antara lain : Lolita, dengan gaya andalannya yang kalem dan sangat identik sekali dengan warna pastel dan rok berenda-renda yang menjadi ciri khas-nya. Berikutnya ada Gyaru Style yang sempat booming beberapa waktu lalu, dengan make-up berat yang diutamakan pada riasan mata, serta rambut berwarna pirang. Selain itu ada juga Visual-Kei, dengan make-up dan gaya berpenampilan yang lebih terkesan ‘dark’, dengan gaya rambut yang kaku tetapi tetap terlihat seperti Japanese Hairstyle.

Selanjutnya, jika berbicara mengenai sub-kategori, dalam satu kategori saja ada banyak sekali istilah yang juga memiliki makna yang sangat berbeda. Contohnya saja, Lolita Fashion Style. Lolita fashion style sendiri dibagi menjadi beberapa jenis : Gothic Lolita, Sweet Lolita, Classic Lolita, Punk Lolita, Shiro & Kuro Lolita, Ouji Lolita (Boy Style), Guro Lolita, Sailor Lolita, Wa & Qi Lolita. Dan masih banyak lagi jenis-jenis trend fashion Jepang yang terbagi menjadi banyak jenis.
Kali ini aku akan membahas mengenai Gyaru Look, karena Gyaru merupakan salah satu style yang paling aku sukai dan sangat menggambarkan diriku.

Rambut blonde dan style fashion yang eye-catching menjadikan Gyaru sebagai salah satu style paling populer dan sempat mendunia pada beberapa waktu lalu. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Gyaru style adalah pakaian yang glamour, rambut berwarna blonde/cokelat keemasan, dan juga Make-up yang lebih ditekankan pada mata, jadi Make-up mata adalah yang paling dititik-beratkan. 
Softlens dengan diameter yang besar dilengkapi dengan pemakaian bulumata, menjadikan mata terlihat sangat tajam dan bulat. Tidak lupa dengan sapuan blush-on yang tebal, sehingga membuat Gyaru Style terkesan eye-catching. 

Beberapa alat makeup yang menjadi poin dari Gyaru Makeup adalah :
- Bulumata palsu atas dan bawah, yang akan membuat mata terlihat lebih bulat dan tajam.
- Contour dan highlight yang berfungsi untuk menonjolkan beberapa bagian wajah seperti hidung.
- Blushon untuk membuat pipi terlihat lebih merona. Blushon yang diaplikasikan sedikit lebih tebal menjadi poin utama dalam Gyaru Makeup.
- Bibir yang merekah dan juga polesan lipgloss bening yang memberikan efek glossy menjadi aspek yang tak kalah penting untuk menyempurnakan Gyaru Makeup.
Makeup, CHECK! Now let's talk about hairstyle!
Kali ini, aku ingin memberikan tutorial mengenai Harajuku gal hairstyle,
Cukup sederhana kok, kamu hanya membutuhkan satu alat. Simak tutorialnya yuk!

Biarkan rambutmu terurai, dan catok menggunakan wave iron seperti yang aku gunakan dalam tutorial diatas. Aku menggunakan merk Salonia Triple Magic Wave dengan ukuran 19mm, yang tak terlalu besar, karena memang aku menginginkan gelombang yang cukup kecil, supaya rambutku terlihat lebih bervolume. Catok seluruh bagian rambut sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa semprotkan hairspray supaya rambut lebih awet dan tak mudah kembali lurus. 
Untuk fashion kali ini, aku menggunakan sweater tebal yang didominasi oleh warna hotpink (sedikit ada perubahan warna di foto) dan juga banyak motif line di bagian lengan. Dipadukan  dengan rok tutu pendek berwarna hitam yang terlihat cocok bila digabungkan dengan sweater bertuliskan 'Wolly Winter' tersebut. Sepasang kaos-kaki hitam dibawah lutut menjadi pemanis penampilan agar tak terkesan monoton. Terakhir, sepatu boots berbahan bulu ala winter menjadi pilihan yang pas.
See you on my next post~ Stay pretty!


BEAUTEENSPIRATION
[ ビュイティーンスピレーション ]
From Tokyo, For You.

🔜Coming soon🔜

Get more information, inspiration, tips & trick how to be kawaii (cute) and oshare (fashionable).
All about Japanese style include Makeup, Hairstyle, Fashion, Japan Travel Info, and 101 about Japan.

No comments :

Post a Comment