Menu

November 12, 2017

Saving Time and Money as a Shopaholic

Ada satu pernyataan yang mengatakan bahwa : 'Lebih baik menyesal membeli daripada menyesal tidak membeli'. Hmmm... Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Kalau aku sih, mungkin ada benarnya jika lebih baik menyesal membeli, karena barang yang sudah dibeli tersebut mungkin bisa diberikan ke saudara, teman, atau yang membutuhkan. Contohnya : baju (kalau dirasa kurang cocok bisa diberikan ke adik XD) dan kemudian rasa penyesalan karena telah membeli barang tersebut menghilang. Tapi bagaimana jika menyesal tidak membeli? Wah, bisa kepikiran sampai terbawa mimpi nih kayaknya. Benar, kan? Coba bayangkan bila ada satu barang, misalnya baju yang sudah mencuri perhatian dan hati kita #cieh (khususnya wanita), terus tidak dibeli karena berbagai alasan dan kendala. Yang tersisa hanyalah penyesalan dan bayang-bayang sendu :'( setuju?

Nah, tapi ada kalanya aku menyesal membeli, namun penyesalan itu terus menjadi. Disaat yang bagaimana sih? Aku ceritakan sedikit pengalamanku. Aku termasuk tipe yang lebih suka belanja online daripada harus mendatangi satu-persatu gerai/toko/mall/tempat perbelanjaan lainnya hanya untuk mencari barang yang ada di wishlistku. Apa alasannya? Efisiensi dalam hal transportasi dan juga waktu yang menjadi pertimbanganku, karena aku cukup disibukkan dengan berbagai jadwal yang padat. Maka dari itu, berbelanja online merupakan cara yang paling tepat jika dibandingkan dengan mendatangi semua tempat hanya untuk mencari barang tersebut, dengan resiko barang tersebut tidak tersedia di toko satu hingga mengharuskan kita untuk mencari lagi ke toko dua, tiga, empat dan seterusnya hingga dapat. Hal seperti ini cukup memakan biaya dan waktu, bukan? 

Maka dari itu, belanja online merupakan cara terbaik untukku, karena aku bisa langsung menemukan barang yang aku cari melalui tekhnologi modern seperti sekarang ini dengan bantuan internet tanpa harus repot kesana-kemari menghabiskan waktu dan biaya. Namun, ada kalanya aku merasakan penyesalan membeli, disaat aku telah membeli barang yang aku cari di toko A, kemudian harga barang yang sama di toko B jauh lebih murah, atau toko C yang memiliki promo dan potongan harga yang miring. AAAAAAA....... bisa dibayangkan? pasti penyesalan seperti 'Andai aku mengecek toko lain, andai aku tak terburu-buru membeli, andai aku blablabla....'

Itu tadi sedikit pengalamanku bila menanggapi pernyataan diatas. Duh....
Tapi kesel juga kalau harus membandingkan harga antara satu website ke website lainnya. Apalagi dalam satu website penjualan online saja ada puluhan toko yang menjual barang yang sama dengan harga yang bervariasi. Ada yang berbeda sedikit, ada yang berbeda jauh harganya.
Keselnya sih karena laptop pasti menjadi super lemot karena aku membuka puluhan tab yang membuat laptop tua-ku nge-hang, error, kemudian #njeblug. :(  nooo... please, be strong lappy.

Karena sering berselancar di internet, kemarin aku sempat menemukan salah satu aplikasi yang cukup praktis tanpa perlu membuat laptop tua-ku sesak napas dan koma. Awalnya hanya mencoba bagaimana cara kerjanya, dan semakin lama aku menjadi penasaran hingga menyukai aplikasi yang satu ini. alasannya karena ia sangat praktis. Aku bisa membandingkan harga barang yang sama dari seluruh aplikasi penjualan online yang ditampilkan dalam satu tab saja.
Jadi, aku mulai mencoba Priceza Indonesia, yang mana Priceza Indonesia merupakan sebuah mesin pencari produk dan platform pembanding harga yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2013, namun baru resmi diluncurkan pada tanggal 16 Mei 2017. Barusan :( kenapa tidak dari dulu ya? Jadi kalau mau membandingkan harga kan tidak perlu repot-repot.
Jadilah aku mulai sign-in dan menjadi member :P
Yang aku sukai dari Priceza Indonesia ini adalah ia menghubungkan ribuan penjual dan pembeli secara online. Banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan secara online, tak terbatas jarak dan waktu. Priceza Indonesia merupakan one stop portal information dengan informasi yang lengkap dan sangat membantu konsumen dalam berbelanja. 

Kemarin aku coba membandingkan harga dari Redwin Sorbolene Mousturiser yang mana produk ini merupakan salah satu produk pelembab yang paling ampuh untuk mengatasi kulit kering dan mampu melembabkan kulit.

Cukup ketik nama produk yang diinginkan di kotak seach. Disitu aku mengetik 'Redwin Sorbolene Moisturiser'. Dan langsung muncul produk yang aku cari lengkap dengan harga dan di toko online mana produk tersebut ditemukan. Dalam satu halaman saja akan muncul berbagai pilihan perbandingan harga. Jadi semua harga sudah tertera disana dan kita dapat dengan mudah membandingkan harganya tanpa perlu repot membuka banyak website.
Karena Priceza Indonesia akan menampilkan banyak sekali perbandingan harga dari berbagai aplikasi belanja online, seperti : Elevenia, Tokopedia, Shopee, Perfect Beauty, NihonMart, JD.ID, Lazada, Orami, Zataru, Blibli.com, dan lain sebagainya, 
(Tampilan dari laptop/komputer)

(Tampilan dari aplikasi smartphone)

Benar-benar praktis dan aku tidak perlu 'makan hati' melihat laptopku error karena aku membuka terlalu banyak tab dan memakan waktu karena harus mencatat satu per-satu harga produk pada masing-masing toko, dan menyimpan link masing-masing :'D 

Satu hal lagi yang aku suka dari Priceza Indonesia adalah ada program Priceza Point Rewards bagi para member. Sistemnya adalah kita bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti pulsa, voucher belanjar dan lain sebagainya.
Karena semakin penasaran, aku mencoba-coba klik sana-sini dan mencari tahu mengenai sistem point rewards ini. Dan ternyata ada dua jenis hadiah yang bisa ditukarkan, yaitu Regular Gift dan Lucky Draw. Regular Gift adalah hadiah yang bisa ditukarkan setiap bulan, jadi disini para member bisa mendapatkan hadiah dengan menukar poin dengan jumlah tertentu untuk ditukarkan dengan hadiah yang diinginkan. Selanjutnya ada Lucky Draw, yang hadiahnya bisa didapat dengan cara diundi. Para member bisa ikut untuk mendapatkan nomor Lucky Draw, dan jika terpilih sebagai pemenang maka akan mendapatkan hadiah. Lalu bagaimana jika tidak terpilih sebagai pemenang? Ya kita bisa mencobanya lagi. Nothing to lose! FYI, kemarin aku baru saja mencoba Lucky Draw untuk pulsa dan juga saldo GoPay hanya dengan menukarkan 25 point :P semoga aku beruntung! 
Aku mulai mencoba mengumpulkan point dan caranya cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah kita sudah bisa mendapatkan point, dengan catatan bahwa cara pengumpulan point hanya berlaku 1x./hari.
- Subscribe email atau download aplikasi Priceza Indonesia : Dapat 50 point
- Review : 1st reviewer dapat 50 point, next reviewer 25 point
- Pergi ke halaman toko : Dapat 10 point
- Menyukai dan menyimpan produk : Dapat 10 point
- Voting penawaran dan peringkat produk : Dapat 10 point yang hanya berlaku di aplikasi.
Informasi lengkap mengenai Priceza Point : http://www.priceza.co.id/guide/Priceza-Rewards/1039

Kunjungi website dan juga sosial media Priceza Indonesia untuk mengetahui informasi terbaru yang lebih lengkap dan ter-update : 

Twitter : @pricezaindo
Instagram : Priceza_id

No comments :

Post a Comment